in

Inilah Perbedaan 6 Tipe Honda Mobilio Yang Perlu Diketahui

Wajib dipahami sebelum membelinya!

Seiring dengan pertumbuhan masyarakat di Indonesia yang semakin meningkat, kebutuhan mengenai kendaraan yang dapat menampung seluruh anggota keluarga menjadi salah satu pilihan paling banyak dicari.

Jika diperhatikan blakangan ini banyak produsen yang memproduksi jenis mobil MPV dan sejenisnya yang mema ng diperuntukkan untuk keluarga Indonesia, salah satunya PT Honda Prospek Motor yang menghadirkan Honda Mobilio sebagai andalan mobil keluarga yang sudah mulai dipasarkan sejak tahun 2014.

Perbedaan 6 Tipe Honda, image by : honda-bintaro.com

Honda mobilio memang ditargetkan untuk keluarga-keluarga di Indonesia yang rata-rata berjumlah lebih dari 4 orang, harga yang ditawarkan pun terbilang terjangkau untuk masyarakat Indonesia.

Dengan harga yang tidak terlalu mahal tersebut konsumen tetap mendapatkan beragam fitur canggih dan modern yang sangat bermanfaat, sebagai contoh pengaplikasian pada bodi rangka yang menggunakan teknologi SUV yaitu GCON ACE, fitur tersebut memiliki fungsi untuk meredam efek dari benturan, sehingga diharapkan meminimalisir terjadinya benturan atau cedera parah pada pemakainya.

Honda mobilio sendiri memiliki 6 varian yang bisa dibeli, sesuai dengan kebutuhan masing-masing keluarga Indonesia, diantaranya Honda Mobilio tipe E (M/T), tipe E CVT (A/T), tipe E CVT Prestige, tipe S (M/T), tipe RS CVT (A/T) dan tipe RS (M/T). Dari keenam tipe tersebut tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, dan yang pasti terdapat juga beberapa perbedaan disetiap tipe nya.

Seperti apakah perbedaan dari keenam tipe Honda Mobilio yang dipasarkan di Indonesia? Berikut ulasan lengkap mengenai perbedaan keenam tipe Honda Mobilio yang perlu diketahui.

1. Honda Mobilio tipe E (M/T)

Tipe ini merupakan tipe menengah dari seluruh varian honda mobilio yang ada di Indonesia, memiliki bodi dengan ukuran panjang 4386mm, lebar 1683mm dan tinggi 1603mm cukup lapang ditempati 7 penumpang.

Beralih ke dapur pacu pada varian ini mengusung mesin Honda i-VTEC SOHC 1500cc yang dengan 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 118PS pada putaran 6600 RPM dengan torsi maksimalnya 14,8nm pada RPM 4600.

Keunggulan lain dari tipe ini terdapat pada kunci kontak yang sudah dilengkapi dengan keyless entry dan juga security alarm, AC double blower untuk baris kedua dan ketiga, Head unit double DIN yang bisa dikoneksikan ke iPhone dan iPod dipadukan dengan speaker RR, adanya lampu sein pada spion yang bepadu dengan warna mobil, Grille depan dilapisi Crome, Seat back pocket hanya terdapat pada kursi baris pertama, cermin dengan survisor untuk kursi baris depan dan juga penggunaan velg Alloy 15” dibalut ban berukuran 185/65 r15.

Untuk harga pada tipe ini dibanderol dengan harga sekitar Rp189.000.000,00.

2. Honda mobilio tipe E CVT (A/T)

Varian ini juga merupakan salah satu varian menengah dari Honda mobilio dimana sudah terdapat beragam vitur pendukung seperti kontak dengan keyless entry serta alarm security.

Selain itu terdapat juga fitur tambahan lainnya di interior yang menarik berupa seat back pocket pada kursi baris pertama, AC double blower pada kursi baris ke 2 dan ke 3, head unit double din yang sudah bias dikoneksikan ke ipod atau iphone, warna door handle dan spion juga senada dengan dengan warna bodi yang membuat tampilan lebih menarik.

Pada eksterior tampilan grill depan juga sudah dilapisi chrome, dan velg yang digunakan berukuran 15” dibalut ban dengan ukuran 185/65 R15.

Pada bagian kemanan tipe ini memiliki system pengereman ABS dan EBD yang dapat memberikan kemanan saat melakukan pengereman keras, sedangakna pada system transmisi menggunakan CVT yang membuat perpindahan gigi terasa lebih halus dan juga hemat bahan bakar.

Dengan fitur semacam itu harga yang ditawarkan untuk seri ini sekitar Rp200.000.000,00.

3. Tipe E CVT Prestige

Nah untuk yang satu ini merupakan tipe tertinggi dikelas transmisi otomatis, dengan bergitu sudah tentu semua fitur yang ada pada tipe menengah terdapat juga pada seri ini, bahkan sampai ke mesin pun sama, yang membedakan adalah adanya tambahan foglamp garnish dan penggunaan velg alloy 15” dengan desain yang berbeda, desain velg ini menganut desain multi palang.

Pada bagian interior perbedaannya terdapat pada head unit yang dilengkapi monitor dengan ukuran 6,1” yang terkoneksi dengan kamera belakang yang bertujuan untuk mempermudah ketika parkir, selain itu tambahan aksen chrome di beberapa bagian juga menambah kesan mewah pada tipe ini, untuk mendapatkan semua fasilitas tersebut anda harus membayar sekitar Rp208.500.000,00.

4. Tipe S (M/T)

Untuk tipe ini merupakan tipe yang paling standard dari Honda mobilio, meski begitu desain, mesin dan juga fitur juga sangat diperhatikan, lihat saja desainnya yang stylish dan juga sporty, jika dilihat sekilas desain ini mengadopsi jenis sedan sehingga memiliki aerodinamis yang baik, masuk ke bagian mesin padda tipe ini menggunakan mesin iV-TEC SOHC yang berkapasitas 1500cc, dengan 16 katup di dalamnya yang mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 118PS pada 6600RPM, dengan torsi maksimal 14,8kgm pada RPM 4600.

Mesin ini disuplai bahan bakar dengan teknologi PGM FI yang memberikan performa maksimal namun tetap hemat bahan bakar.

Untuk velg pada tipe ini menggunakan velg besi ukuran 15”. Masuk ke bagian interior fitur yang ada di tipe inii diantaranya tilt steering dan juga power steering yang memberikan kenyamanan bagi pengemudi, AC single blower yang cukup mendinginkan kabin, audio single din dengan slot usb dipadukan dengan 2 speaker.

Untuk fitur keamanan tipe ini memiliki dual SRS Airbag yang dapat mencegah cedera akibat benturan bagi pengemudi dan penumpang baris pertama, kunci juga sudah dilengkapi dengan immobilizer yang membantu mencegah terjadinya pencurian.

Yang menjadi pembeda dengan tipe diatasnya adalah tidak adanya wiper kaca bagian belakang dan survisor yang belum dilengkapi cermin, pada tipe ini hanya tersedia satu varian transmisi yaitu menual 5 percepatan, untuk mendapatkan tipe ini anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp168.500.000,00.

5. Tipe RS CVT (A/T)

Tipe ini merupakan tipe teratas dari produk Honda moblio, memiliki mesin yang sama kapasitasnya yaitu 1,5 dipadukan dengan trasnmisi otomatis, pada dasarnya untuk desain dan bodi hampir sama dengan tipe prestige hanya saja terdapat sedikit tambahan pada jok yang dibungkus dengan bahan kulit yang menambah kesan mewah dan tentunya nyaman digunakan.

Dengan tambahan tersbut harga yang ditawarkan untuk tipe ini sekitar Rp222.500.000,00.

6. Tipe RS (M/T)

Tipe ini merupakan tipe paling sporty dari jajaran mobilio dengan transmisi manual, jika dilihat dari desain bodi dan mesin yang digunakan memang masih sama dengan tipe prestige, tentunya fitur yang ada pada tipe prestige pasti ada juga pada tipe RS ini, meski begitu pada tipe ini juga menerapkan beberapa tambahan yang membuatnya semakin terihat mewah dan berkelas, diantaranya penggunaan velg alloy 15” yang sporty, bumper depan yang terlihat sporty, aksen chrome pada bagian grill depan, side under spoiler dan juga roo moulding garnish.

Tambahan lainnya ada pada headlamp dengan LED Guide, Sporty tailgate spoiler dengan lampu stop, warna interior hitam yang sporty dan juga pada bagian stir terdapat control untuk audio, tak ketinggalan kamera belakang untuk mempermudah parkir, untuk audionya dilengkapi dengan layar 6,1” touchscreen. Pada tipe ini dibanderol dengan harga sekitar Rp212.000.000,00.

Nah demikian tadi ulasan mengenai perbedaan tipe Honda mobilio, bagi kamu yang menginginkan kendaraan jenis LCGC sebagai kendaraan harian tidak ada salahnya jika memasukkan Honda mobilio ke dalam list.

Dengan beragam tipe dengan keunggulannya masing-masing Honda mobilio ini terbilang cocok untuk diboyong ke garasi guna memenuhi kebutuhan kendaraan bersama keluarga, semoga ulasan kami membantu mempermudah dalam mencari dan menentukan unit yang akan diambil, terimakasih dan sampai jumpa.

Written by OtoArea

Menyajikan informasi seputar dunia otomotif