• October 29, 2020

10 Cara Memilih Ban Motor Yang Baik, Simak Yuk!

Cara memilih Ban motor yang baik memang tidak semudah masuk ke bengkel lalu meminta untuk ganti ban.

Ada banyak faktor yang harus diperhatikan sebelum membeli ban supaya kita tidak salah, sebaiknya pilih ban sesuai dengan kebutuhan juga, karena jika kita salah dalam memilih ban akan ada resiko yang kita tanggung mulai dari boros BBM sampai faktor keselamatan.

cara memilih ban motor
Cara memilih ban motor yang baik, photo : pixabay

Bagi yang masih bingung dalam memilih ban yang tepat untuk harian berikut ini OtoArea berikan tips yang bisa dipraktikkan :

Cara memilih Ban motor yang baik

1. Menentukan tujuan penggunaan ban

Hal ini penting dilakukan mengingat banyak sekali jenis ban yang berada dipasaran, jangan sampai salah memilih ban trail atau balap dipasang untuk motor harian kita, pasti rasanya akan tidak nyaman.

2. Tentukan ukuran ban

Ban pada setiap motor ukurannya tidak sama, sebaiknya besar kecilnya ban disesuaikan dengan velg yang kita gunakan, untuk ukuran standar matic biasanya 80/90 atau 90/90, sedangkan untuk motor biasa menggunakan ukuran 70/90 atau 80/90. Jika kurang jelas untuk ukuran, jangan ragu tanya ke bengkel langganan yang sobat otoarea.

3. Pilih ban dengan permukaan sedang

Hal ini berpengaruh pada konsumsi bahan bakar, jika kita memilih ban dengan permukaan kecil maka gesekan yang terjadi relatif kecil dan itu akan menghemat bahan bakar, namun jika kita menggunakan ban dengan permukaan besar hal itu membuat bahan bakar lebih boros, jadi sebaiknya pilihlah permukaan ban yang sedang saja/ sesuai pabrikan, selain nyaman faktor keamanan juga terjamin jika sesuaii dengan aturan.

4. Cek tahun pembuatan ban

Sebelum dipasang pada motor sebaiknya kita cek dulu tahun pembuatan ban, hal ini penting karena berhubungan dengan kualitas dan keawetan. Tahun pembuatan bisa dilihat dari kode, misalnya 1020, itu berarti minggu ke 10 dan 20 merupakan tahun pembuatan.

5. Ban kering

Jenis ban ini merupakan jenis ban terbaik jika digunakan dalam jalanan yang kering, membuat pengendara nyaman tanpa takut terpeleset atau selip.

Ciri dari ban kering adalah memiliki alur yang sedikit atau bahkan tidak memiliki alur, namun jika kondisi jalan basah sebaiknya hati-hati menggunakan ban ini, karena ban ini menjadi licin di jalan yang berair.

6. Jenis jalan yang sering dilalui

Ada beberapa pilihan ban yang dapat disesuaikan dengan jalanan yang kita lalui setiap harinya, untuk yang berada di daerah pegunungan atau kota yang memiliki curah hujan cukup tinggi sebaiknya gunakan bann jenis dual purpose, sedangkan untuk jalanan yang belum rata atau terjal bisa menggunakan ban jenis offroad, dan jika jalanan yang sering dilewati adalah dalam kota dengan kondisi kering sebaiknya gunakan jenis ban tipe kering.

7. Ban basah

Ban jenis basah memiliki ciri alur yang menjangkau hingga tepi ban, tujuan dari alur ini adalah untuk membuang air saat ban melewati jalanan yang basah. Kelemahan ban basah adalah jika digunakan dalan jalanan yang kering akan cepat habis/gundul.

8. Lakukan perawatan pada ban kendaraan

Banyak diantara kita yang sering melupakan perawatan pada ban kendaraan, padahal hal ini merupakan hal yang penting lho, mengingat kita tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis yang membuat suhu aspal berubah-ubah.

Bahkan ban import pun belum bisa menjamin keawetan dari ban yang digunakan di Indonesia, biasanya usia ban berkisar antar 1-2 tahun tapi hal keawetan ban juga tergantung dari bagaimana cara kita merawat ban.

9. Ban basah dan kering

Ban ini memiliki ciri memiliki alur yang tidak terlalu banyak dan terkenal memiliki traksi yang bagus. Ban basah dan kering juga merupakan jenis ban yang banyak digunakan di Indonesia mengingat Indonesia memiliki iklim tropis yang membuat jalanan bisa basah dan kering, cara melihat jenis ban ini bisa dengan mengecek spesifikasi yang tertera pada ban, misal dry, wet atau wetdry.

10. Sesuaikan dengan budget

Memilih ban sebaiknya juga memperhatikan keuangan kita sendiri, jangan hanya karena menuruti gengsi kita membeli ban yang mahal namun tidak sesuai dengan kebutuhan kendaraan harian kita.

Itulah 10 cara memilih ban motor yang baik. Tidak sulit kan? semoga membantu bagi sobat otoarea yang sedang bingung dalam memilih ban untuk kendaraan harian.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik piala untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 1

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Related post